4 Jenis Sertifikat Properti Vertikal dan Peruntukannya yang Harus Anda Tahu



foto hanya ilustrasi
Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (HMSRS)
Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) merupakan bukti kepemilikan dan Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (HMSRS), atau yang di negara lain biasa dikenal dengan istilah sertifikat strata title. Konsep kepemilikan dari strata title ini artinya status kepemilikannya merupakan kombinasi kepemilikan pribadi dan kepemilikan bersama.
Penyebutan strata title ini dikarenakan adanya komponen bagian mili‎k bersama seperti koridor apartemen, area umum kolam renang, lift, dan sebagainya. Setiap unit apartemennya tentu milik perorangan yang mutlak dikuatkan oleh hukum. SHK ini membuat pemilik apartemen memiliki hak kepemilikan unit apartemennya dengan jangka waktu tak terbatas, terutama setelah unit apartemen dibayar lunas.
Syarat kepemilikan ini hanya dapat diperoleh jika tanah tempat berdirinya apartemen berstatus HGB (Hak Guna Bangunan), yang memiliki masa berlaku dan bisa diperpanjang setelah waktu belakunya tersebut habis. Menurut UU 5/1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, jangka waktu maksimal HGB adalah 30 tahun dan bisa diperpanjang dengan jangka waktu maksimal 20 tahun.

Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB)

Komentar