Menggunakan Kipas Angin AC Secara Maksimal


Tinggal di Indonesia sebagai wilayah yang memiliki iklim tropis, terkadang anda akan merasakan hari yang sangat panas. Anda mungkin sudah membeli sebuah air cooler namun merasa belum mengunakannya secara optimal dan tidak terlalu efisien? Beberapa tips dari artikel di bawah ini bisa anda gunakan untuk memaksimalkan penggunakan air cooler atau kipas angin ac yang anda punya.

1. Pastikan Terdapat Ventilasi Udara Yang Cukup
Jika ingin menggunakan air cooler atau kipas angin ac secara maksimal dan efisien anda harus memastikan bahwa terdapat ventilasi udara yang cukup di ruangan tempat air cooler atau kipas angin ac berada. Hal ini dikarenakan air cooler bekerja dengan melakukan penguapan air yang membuat udara menjadi lebih lembab. Jika ruangan tertutup dan tidak terdapat ventilasi yang cukup, kelembaban udara akan meningkat dan rasa sejuk yang diberikan oleh air cooler atau kipas angin ac tidak akan bisa terasa dengan maksimal.
Ventilasi udara yang cukup akan memastikan aliran udara bergerak dengan baik dan kelembaban ruangan tetap terjaga sehingga anda akan terus merasakan angin sejuk yang berhembus dari air cooler atau kipas angin ac secara maksimal.

2. Tambahkan Es Pada Air
Apakah anda merasa udara yang dihembuskan oleh alat penyejuk ruangan anda tidak cukup sejuk? Jika anda menginginkan udara yang lebih dingin dari air cooler atau kipas angin ac anda, maka anda bisa mencoba untuk menambahkan es ke dalam air yang berada di tangki. Menambahkan es dalam air yang berada di  dalam tangki air cooler dapat meningkatkan suhu angin yang dihasilkan air cooler secara signifikan, bahkan ada beberapa merk air cooler yang memang sudah memiliki ice pack bawaan pada unitnya loh.
Namun, yang perlu anda ingat saat menggunakan trik ini adalah trik ini hanya efektif saat air cooler atau kipas angin ac berada dekat dengan anda. Anda tidak bisa menambahkan es pada air terlalu sering karena nantinya angin dingin yang dihasilkan tidak akan terlalu terasa. Selain itu proses penguapan bisa menjadi lebih lambat jika anda menambahkan terlalu banyak es yang mana akan menyebabkan trik ini menjadi tidak efisien juga.
Pastikan anda hanya menambahkan es dalam tangki air hanya sesekali saat udara benar-benar terasa panas dan dengan rasio air lebih banyak dibandingkan es.

3. Bersihkan Secara Rutin
Sangat penting bagi anda untuk memperhatikan kebersihan air cooler atau kipas angin ac yang anda miliki. Jika anda merawat dan membersihkan air cooler dengan rutin maka masa pakainya pun akan tahan lama dan anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari alat penyejuk ruangan ini.
Cara paling mudah untuk merawat air cooler adalah dengan selalu mengisi tangki air dan memastikan bahwa air yang anda gunakan adalah air bersih.

4. Membasahi Cooling Pad Sebelum Menyalakan Air Cooler
Trik ini bisa anda gunakan untuk mendapatkan udara sejuk seketika saat anda menyalakan air cooler atau kipas angin ac. Dalam sebuah unit air cooler atau kipas angin ac terdapat sebuah komponen yang disebut cooling pad. Anda bisa membiarkan pompa air pada air cooler menyala saat mengisi tangki dengan air. Hal ini akan membuat cooling pad menjadi basah. Saat tangki sudah penuh, anda bisa menyalakan kipasnya dan hal ini akan membuat udara sejuk mengalir seketika.

5. Menggunakan Pewangi
Siapa yang tidak suka dengan udara yang wangi? Jika anda juga menyukai udara yang wangi, anda bisa menggantungkan pewangi ruangan padat di bagian depan air cooler, tepat di depan kipas. Angin yang berhembus dari dalam air cooler atau kipas angin ac akan melewati pewangi ruangan dan menyebarkan wangi tersebut ke seluruh ruangan. Pastinya akan membuat anda semakin nyaman dan betah berada di ruangan terebut.

Mudah sekali kan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan air cooler atau kipas angin ac? Selamat mencoba beberapa tips dan trik ini untuk air cooler anda ya.

Komentar